Minggu, 05 Februari 2012

PRONOMINA DAN NOMINALISASI DALAM BAHASA DAERAH



PRONOMINA DALAM BAHASA MELAYU RIAU BANDAR PETALANGAN KABUPATEN PELALAWAN

No
Kata Orang Pertama Tunggal
Bahasa Indonesia
Bahasa Daerah
1
saya
saya
ambo
2
aku
aku
aku

No
Kata Orang Kedua Tunggal
Bahasa Indonesia
Bahasa Daerah
1
Kamu
Kamu
ingkak
2
Anda
Anda
Kau
3
engkau
engkau
kau

No
Kata Orang ketiga  tunggal
Bahasa Indonesia
Bahasa Daerah
1
Dia
Dia
inyo
2
beliau
beliau
beliau


Proses pembentukan nominalisasi pada Bahasa Melayu Riau dialek Bangkinang dalam dalam proses afiksasi.Nomina dengan prefiks paN-,prefiks ka-,sufiks-an, paN-an, paN-an, sa-an,ka-an.

Contoh nominalisasi dengan prefiks paN-
-paN- +/juluo?/(v) =/panjuluo?/ (N) ‘penjuluk’

Contoh nominalisasi dengan prefiks ka-
-ka + /bonga?/ (aj) = kebongakannyo/ (N) ‘kebodohannyo’

Contoh nominalisasi dengan sufiks –an
-an +bual/ (v) =/bualan/ (N) ‘pembicaraan’

Contoh nominalisasi paN-an,sa-an,ka-an
a. dilekati konfiks paN-an
-paN-an + /bonam/ (v) = /pambonaman/ (N) ‘tempat membenamkan’
b. dilekati sufiks sa-an
-sa-an + /aghi(N) =/saaghian/ (N) ‘satu hari penuh’
c. dilekati konfiks ka-an
-ka-an +/payah/(aj) =/kepayahan/ (N) ‘kesulitan’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar